Jumat, 07 Oktober 2011

Kelautan di Indonesia

Indonesia merupakan Negara maritim maksudnya adalah Negara yang terdiri dari banyak pulau dan dikelilingi oleh lautan yang luas. Kelautan di Indonesia beraneka ragam dan sangat kaya akan keindahan alam serta fauna yang hidup di laut. Hampir semua pulau di Indonesia dikelilingi oleh lautan, adanya selat malaka, selat sunda, dan berbagai macam bahasa laut di Indonesia.
Di Indonesia diperkirakan luas lautan hampir 70% dari total keseluruhan luas Negara, yang telah dijaga oleh banyak angkatan laut Indonesia untuk menjaga kelautan di Indonesia dari ancaman-ancaman pengambilan atau pengakuan Negara lain seperti Malaysia yang telah merebut batas laut Indonesia.
Kelautan Indonesia dihuni lebih dari beberapa spesies ikan dan terumbu karang hidup di laut Indonesia. Dari segi pariwisata Indonesia banyak memiliki tempat-tempat wisata yang telah mendunia yang menarik hati para wisatawan dunia, diantaranya adalah teman laut bunaken, keindahan bawah laut papua, keindahan pantai kuta bali, dan masih banyak lagi yang menarik hati para wisatawan dunia.


Tapi sebagian laut di Indonesia tidak lagi indah. Banyak yang tidak peduli dengan ke indahan laut Indonesia yang hanya memntingkan perut untuk mencari uang, tapi dengan cara merusak lingkungan sekitar, seperti  kelautan Indonesia kini telah banyak yang hancur oleh para nelayan yang telah seenaknya mengambil atau menangkap ikan dengan cara yang tidak manusiawi, yaitu dengan cara membom laut yang membuat terumbu karang hancur dan dasar laut yang tidak indah lagi.
Sangat disayangkan sekali tuhan telah menciptakan alam dengan sangat indah, tapi apa banyak manusia yang tidak sadar akan hal itu yang semena-mena dengan lingkungan sekitar yang membuat tidak lagi nidah di pandang mata. Laut Indonesia butuh perbaikan yang total untuk menjaga kelestarian berbagai macam spesies yang hidup dibawah laut Indonesia. Marilah kita sadar akan indahnya alam Indonesia, khususnya kelautan Indonesia yang banyak menarik wisatawan dunia.
Pemerintah Indonesia sudah mulai membuat konservasi untuk kelautan di Indonesia, dengan cara menanam pohon untuk mencegah abrasi oleh air laut, dan menangkap para nelayan yang telah membom seenaknya untuk mendapat hasil yang banyak. Melakukan kegiatan oprasi oleh angkatan laut Indonesia yang banyak menagkap nelayan dari Negara tetangga yang memakai bendera Indonesia, agar tidak tertangkap oleh angkatan laut Indonesia.
            Mulai sekarang marilah kita jaga kehidupan laut di Indonesia yang hampir rusak oleh ulah tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Mulai lah pada diri kita sendiri !!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar