Senin, 03 Oktober 2011

Kegiatan Sosial di Sungai Ciliwung

Bogorplus.com – Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) memperingati hari ulang tahun yang ke dua, dengan cara melakukan kegiatan sosial. Acara ulang tahun KPC yang dikemas dalam sebuah kegiatan pelestarian sungai Ciliwung, dilakukan di sekitar aliran Sungai Ciliwung tepatnya di Perumahan Kedung Badak Baru, Jalan KH. Soleh Iskandar, Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (12/3) pagi. “Sebenarnya kami selalu melakukan kegiatan ini setiap hari Sabtu pagi, tapi hari ini merupakan genap dua tahun kami melakukan kegiatan sosial ini,” tutur Koordinator KCP, Hapsoro kepada Bogorplus.com.
Kegiatan pelestarian Sungai Ciliwung kali ini, dibagi dalam beberapa tahap. “Sejak pukul 07.30 WIB kami sudah melakukan pemulungan sampah disekitar Ciliwung. Setelah ini kami akan melakukan penanaman beberapa pohon di bantaran sungai,” tambah Hapsoro. Selain itu, untuk memeriahkan hari jadi KPC, pihaknya mengadakan perlombaan mencari biota sungai yang melibatkan 15 peserta. Lebih lanjut, Hapsoro, mengatakan, Komunitas Peduli Ciliwung terbentuk karena kesadaran terhadap Sungai Ciliwung oleh para anggotanya. “Saya teringat pesan salah satu rekan saya yang sudah meninggal dan menginspirasi pergerakan kita. Ia berpesan akan terus melakukan pelestarian sungai sampai mati,” kenangnya.
Sementara itu, menurut salah satu anggota KPC, Muslich yang juga aktif dalam LSM Bird Life Indonesia Association mengatakan, kegiatan yang rutin dilakukannya setiap akhir pekan merupakan bentuk kecil dari rangkaian besar kepedulian terhadap lingkungan. “Kalau dipikir, mulungin sampah di sini gak ada artinya. Tapi bukankah kepedulian untuk kelestarian lingkungan harus dimulai dari hal kecil seperti ini,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar