Jumat, 11 Februari 2011

KERJASAMA


Kerjasama

Gotong royong atau bekerjasama merupakan salah satu kepribadian bangsa Indonesia. Hal ini ditunjukan oleh kebiasaan-kebiasaan kehidupan sebagian besar rakyat Indonesia yang biasa mengerjakan sesuatu secara bersama-sama. Hakikat rahmat Tuhan Yang Maha Esa  dimuat dalam pembukaan UUD 1945. Pada alenia ketiga yang berbunyi, Atas berkat rahmat ALLAh Yang Maha Kuasa dan didorong dengan keinginan yang luhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas , maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.
Manusia pada hakikatnya memiliki keterbatasan dan ketergantugan dengan manusia lainnya. Manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bekerjasama. Oleh karena itu, manusia disebut juga sebagai makhluk sosial (Homo Socious).

Hakikat kerjasama Indonesia dalam mewujudkan kemerdekaan dikerjakan secara bersama-sama oleh seluruh rakyat Indonesia, seperti kerjasama memerdekakan Negara kita Indonesia dengan membuat teks proklamasi kemerdekaan yang berisi peryataan kemerdekaan adalah sumber dari pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia karena tanpa proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945 tidak akan ada Negara yang kita cintai ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar