Rabu, 03 Juli 2013

Bab III AMDAL di Pasar Kemiri Depok



BAB III
METODOLOGI PENULISAN


3.1       Diagram Alir Penulisan Laporan
Metodologi penulisan merupakan suatu gambaran pembuatan Laporan Lingkungan Pasar Kemiri, dari proses pembuatan hingga selesai. Adapun flowchart yang ada adalah sebagai berikut.

                 
Gambar 3.1 Flowchart Metodologi Penulisan
3.2       Penjelasan Diagram Alir Penulisan Laporan
Metodologi yang digunakan dalam penulisan laporan ini, yaitu menggunakan bentuk flowchart. Metodologi ini dibuat untuk menjelaskan diagram alir dari penelitian pasar kemiri untuk tugas laporan ini. Langkah pertama yaitu menyiapkan peralatan yang ingin digunakan untuk membuat laporan serta penelitian pada pasar yang dituju. setelah peralatan semua selesai disiapkan langsung menuju pasar atau menyurvei pasar yang hendak diteliti yaitu pasar kemiri depok.
Survei pasar yang dilakukan didapatkan wawancara dari penjual, pembeli serta masyarakat sekitar pasar kemiri depok. Wawancara dilakukan terhadap 7 orang yang berada disekitar pasar kemiri depok. Langkah selanjutnya dilakukan pembuatan laporan penulisan terhadap penelitian yang dilakukan, jika wawancara yang dilakukan kurang untuk melengkapi pembuatan laporan ini, maka dilakukan wawancara lagi terhadap masyarakat disekitar pasar kemiri depok.
Melakukan pembuatan laporan harus diimbangi dengan studi literatur yang mendukung, studi literatur berfungsi untuk melengkapi laporan yang dibuat agar tidak melenceng dari peraturan yang ada. Studi literatur disini seperti buku yang terdapat di perpustakaan, internet dan lain-lain yang mendukung pembuatan laporan ini. Kesimpulan ini merupakan hasil yang ingin dicapai pada tujuan yang telah ditetapkan pada saat melakukan pembahasan.

3.3       Hasil Wawancara Mengenai Dampak Pembangunan
Wawancara dilakukan kepada beberapa orang atau masyarakat yang tinggal di dekat pasar kemiri depok, dan berikut pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada masyarakat sekitar yang berada pada pembangunan pabrik tersebut:
1.      Apakah ada dampak terhadap lingkungan hidup setelah dibangunnya pasar kemiri?
Jawab: Iya, karena setelah adanya pasar tersebut air hujan yang  mengalir tidak mengalir secara normal karena banyak pedagang yang membuang sampah diselokan sehingga air tercemar, serta bau tidak sedap disekitar lingkungan pasar
2.      Apakah dalam setelah pembangunan pasar kemiri menimbulkan dampak pada kegiatan lain sehingga dapat menimbulkan masalah disekitar wilayah tesebut?
Jawab: Iya, sisa sampah dari pasar kemiri yang melebihi penampungan sampah sehingga dapat mengganggu pengguna jalan, kondisi jalanan yang tergenang akibat saluran air yang tersendat menyebabkan kemacetan, serta akses jalan keluar masuk daerah tersebut agak terganggu karena banyak para pedagang yang tidak beraturan menjual dagangannya.
3.      Apakah dengan setelah dibangunnya pasar kemiri tersebut akan menimbulkan dampak negatif yang membahayakan kesehatan masyarakat?
Jawab: banyaknya sampah dapat menyebabkan bau tak sedap sehingga manggengu pernapasan dan juga banyak lalat yang dapat menimbulkan penyakit. sampah juga dapat menyumbat aliran air yang ada sehingga banyaknya jentik-jentik nyamuk.
4.      Harapan anda terhadap pemerintah untuk tindakan di lingkungan pasar kemiri?
Jawab: Pengelolaan limbah sampah agar dibenahi, agar tidak terjadinya penumpukan sampah, kondisi jalan yang tergenang juga diharapkan dapat dibenahi, serta pengaturan tata letak terhadap pedagang untuk menjual.`



Tidak ada komentar:

Posting Komentar